SUCCESS

PENINGKATAN KARIR & KEUANGAN DALAM 30 DETIK

Bagaimana jika kita bisa membuat keajaiban dalam karir dan keuangan kita—hanya dalam tiga puluh detik nett?

Kita pasti melihatnya dengan kedua alis terangkat. Tapi kebenarannya kita bisa mendapat banyak hanya dalam setengah menit, terutama jika kita mengadopsi ’30 DETIK KEBIASAAN’ berikut.


GARIS HITAM TIGA TUGAS PENTING

Segera setelah menuangkan kopi di pagi hari, langsung tunjukkan tiga—dan hanya tiga saja—hal yang paling harus dilakukan pada hari itu.

Once you’ve identified what’s important, you’ll often find it’s not many things, | Josh Davis, Ph.D.

Having a small number of things also makes it easier [to accomplish the tasks].

Dan karena sangat mudah untuk melalui satu hari dengan melakukan hal-hal yang kecil seperti email, pastikan untuk mem-blok dua jam paling produktif setiap harinya untuk menyelesaikan tiga tugas penting ini.


UANGKAN WAKTU

Time is money. Tapi itu tidak terlalu berarti jika kita tidak benar-benar menilai betapa berharganya waktu dan betapa banyaknya uang yang kita habiskan saat kita membuang waktu itu.

Seorang ahli Matematika, Spencer Greenberg, membuat perhitungan yang menunjukkan nilai sesungguhnya dari waktu yang kita gunakan. Jadi jika kita, misalnya, menghasilkan 20,000 IDR per ham, maka tiga jam yang kita habiskan untuk media sosial membuah 60,000 IDR per harinya atau 420,000 IDR per minggu. Dengan begini kita akan bisa menemukan cara-cara untuk menggunakan waktu kita yang berharga. Kita juga akan lebih bijak dalam mengatur keuangan kita, misalnya mau menggunakan jasa laundry atau menyewa pembantu.

Knowing the value of your time allows you to make better decisions, and helps you make them much faster. | Greenberg


PERHATIKAN GAMBAR BINATANG LUCU

Jika lain kali bos kita melihat kita sedang menatap gambar binatang yang masih bayi, katakan padanya bahwa kita sebenarnya sedang mengerjakan produktivitas kita. Menurut penelitian Jepang, melihat foto biantang yang menggemaskan meningkatkan performa dalam tugas-tugas yang memerlukan perhatian yang dalam.

02
Binatang Lucu Meningkatkan Konsentrasi

 

Hal ini disebabkan karena mahkluk yang lucu menarik emosi positif yang mendekatkan kita sehingga kita melihat detil-detil jelas dari subjek yang lucu tersebut. Dan perhatian akan detil ini akan terbawa kepada pekerjaan kita ini.

Tapi jangan taruh atau tempel gambar panda dan koala pada meja kerja Anda. Ini akan mengurangi produktivitas kita. Seseorang tidak mampu berkonsentrasi dalam kondisi tempat kerja yang dihiasi gambar-gambar yang menarik perhatian. Kita harus melihatnya hanya saat sedang istirahat.


GAS ATAU REM

Keputusan-keputusan finansial kecil yang kita buat sehari-hari seperti membeli kopi yang terlalu mahal atau sayur-sayuran dengan harga yang hampir sama—dapat mempengaruhi seberapa cepat kita mencapai tujuan jangka panjang finansial kita, baik menyimpan untuk rumah atau dana pensiun.

Jacob Lund Fisker merekomendasikan “tes gas atau rem” setiap kita mau mengambil keputusan. Bayangkan kita sedang berkendara mobil dan keputusan sehari-hari kita akan membawakan kita kepada dua pilihan: membawa kita lebih dekat kepada tujuan kita dengan menyimpan uang (menginjak gas), atau menunda kita mencapai tujuan dengan menghabiskan uang (menginjak rem).

82212055-m_1702
Gas Atau Rem

 

Jadi sebelum membeli sesuatu, tanyakan kepada diri sendiri apakah barang itu akan menambah atau mengurangi tabungan kita—dan apabila itu tidak berguna, tanyakan pada diri sendiri apa kita tetap bisa jalan tanpa membelinya. Lebih sering, jawaban untuk pertanyaan tersebut adalah ya.


SIMPAN FOTO DI DOMPET

Menurut penelitian dari  Journal of Marketing Research, memiliki pengingat visual dari tujuan nyata tabungan kita dapat membantu kita secara nyata untuk tidak terlalu meghabiskan uang. Misalnya jika kita sedang menabung untuk kuliah anak-anak kita, kita simpan foto anak-anak kita di dompet.

Gambar ini akan menyadarkan kita sehingga kita akan membayangkan hasil yang akan dicapai dari tujuan kita menabung. Dengan menaruh pengingat visual dalam dompet, setiap kita membuka dompet dan mau mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak berguna, kita akan disadarkan sehingga tidak membuang uang dengan sia-sia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s