WISDOM

SATU HAL DAHULU

Cukup lakukan satu hal untuk membuat perubahan dalam hidup kita. Tidak perlu hal yang muluk-muluk, tetapi buatlah keputusan untuk melakukan satu hal saja dan kita akan melihat hal yang nyata terjadi.

Orang yang sungguh-sungguh melakukan satu hal dengan sepenuh hati pasti berdampak luar biasa bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar kita. Pikirkan satu hal apa yang harus difokuskan dan lakukan dengan tekun sampai menghasilkan karya yang maksimal. Percayalah bahwa target kita pasti tercapai.

Pilihlah satu hal yang ingin kita lakukan untuk memuliakan Tuhan, keluarga, usaha, atau pekerjaan kita. Ketika kita melakukan hal penting dengan sungguh-sungguh, maka perubahan luar biasa pasti terjadi dalam hidup kita.

myflightup-focus-on-one-thing

Tetapi karena kasih karunia Allah aku adalah sebagaimana aku ada sekarang, dan kasih karunia yang dianugerahkan-Nya kepadaku tidak sia-sia. Sebaliknya, aku telah bekerja lebih keras dari pada mereka semua; tetapi bukannya aku, melainkan kasih karunia Allah yang menyertai aku. | 1 Korintus 15:10

Masa lalu yang membentuk kita sampai sekarang dan jangan pernah menyalahkan hal itu karena itu semua adalah anugerah Tuhan dan tidak ada anugerah Tuhan yang diberikan dengan sia-sia.

Jangan biarkan hari kemarin menguras perhatian kita.

Anggap saja itu sebagai kaca spion yang hanya dilihat sekilas untuk membantu kita mencapai tujuan.

20120528_spiondual_1

Namun terkadang masa lalu turut membentuk kebiasaan buruk. Seperti contoh, temperamen yang cepat marah tidak terbentuk dalam semalam saja. Suka telat tidak terbentuk dalam sejentik jari. Oleh karena itu kita diharuskan untuk bekerja lebih keras untuk mengganti kebiasaan buruk itu dengan kebiasaan baik.

Cara terbaik menghilangkan kebiasaan buruk adalah dengan melakukan kebiasaan baik.

Fokus terhadap satu kebiasaan baik dahulu. Beri saja satu bulan dan mulai pupuk kebiasaan baik lainnya. Tidak usah muluk-muluk untuk langsung menghilangkan semuanya. Kita malah tidak akan melakukannya.

FOCUS2

Pengarang Power of Habit, Charles Duhigg, mengatakan bahwa dalam melakukan sesuatu, jadikan itu sebuah proyek yang tentu saja akan memakan waktu tidak sebentar. Mungkin kelihatannya cukup frustasi jika kita punya sepuluh kebiasaan yang mau diubah. Itu berarti kita membutuhkan sekitar sepuluh bulan. Tapi nyatanya, jika kebiasaan ini memang begitu penting, mengubahnya akan membawa dampak besar di hidup kita. Satu bulan itu sepadan dengan perubahan satu kebiasaan secara permanen. Kita bisa menuai keuntungan untuk itu dalam jangka panjang ke depan.

PUSATKAN PERHATIAN PADA HARI INI

Targetkan kemana kita akan berjalan dan kegerakan dimulai dari saat ini. Jika kita ingin menjadi seorang pelukis terkenal. Kita harus mulai melukis pada hari ini. Jika kita belum punya modal dan ingin menjadi seorang pengusaha, berhemat dan menabunglah dari sekarang.

one-thing2

Lakukan dengan sungguh-sungguh.
Buat setiap tindakan berarti.
Tantang dalih kita.
Tetapkan pusatkan perhatian pada hasil-hasilnya.
Kembangkan dan ikuti prioritas kita.
Pusatkan perhatian pada kekuatan, bukan kelemahan.

Pikirkan beberapa hal di bawah ini dan gunakan untuk introspeksi.

  1. Dalam bidang apa tenaga saya diambil di masa lalu karena tidak adanya fokus?
  2. Beri contoh saat fokus yang baik menolong mencapai hasil yang unggul. Apa yang menjadi fokus tersebut? Apa yang bisa dipelajari dari pengalaman itu?
  3. Kemana kita memberi fokus selama ini? Masa lalu, sekarang, atau depan? Buat penyesuaian untuk memusatkan perhatian kembali pada masa kini.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s