WISDOM

MELAYANI BERSAMA

Kita diciptakan untuk lebih dari sekedar hidup dan mati. Tuhan mau melatih pelayanan di surga nanti saat kita di bumi.

Karena itu mereka berdiri di hadapan takhta Allah dan melayani Dia siang malam di Bait Suci-Nya. Dan Ia yang duduk di atas takhta itu akan membentangkan kemah-Nya di atas mereka. | Wahyu 7:15

Kita tidak bisa langsung melayani Tuhan di bumi. Kita melayani Tuhan di bumi dengan melayani sesama. Setiap kita membantu orang lain dengan apa yang kita miliki, kita melayani orang itu. Itulah pelayanan. Tapi Tuhan tidak mau kita melayani sendirian.

Karena itu sempurnakanlah sukacitaku dengan ini: hendaklah kamu sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan. | Filipi 2:2

Ada beberapa alasan kenapa Tuhan ingin kita melayani bersama.

Karena Kita Keluarga 

Karena kami adalah kawan sekerja Allah; kamu adalah ladang Allah, bangunan Allah. | 1 Korintus 3:9

Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah. | Efesus 2:19

Tuhan lebih senang dengan hubungan yang kita bangun saat pelayanan bersama daripada pelayanan yang kita lakukan.

Karena Kita Saling Membutuhkan

Tidak ada orang yang punya semuanya sendirian. Saya butuh kamu dan kamu butuh saya.

Karena Lebih Banyak Diselesaikan

Dua lebih baik dari satu.

Berdua lebih baik dari pada seorang diri, karena mereka menerima upah yang baik dalam jerih payah mereka. | Pengkotbah 4:9

Baik yang menanam maupun yang menyiram adalah sama. | 1 Korintus 3:8a

Tidak ada pelayanan yang besar atau kecil. Semuanya sama di mata Tuhan. Menjadi bagian timlah saat dimana kita merasa paling hidup. Tim membuat lebih cepat selesai, lebih nyaman, dan lebih menyenangkan.

Apa saja yang dibutuhkan untuk membangun sebuah tim?

TEAM : Trust, Emphaty, Accomodation, & Mission.


TRUST (KEPERCAYAAN)

Kepercayaan adalah lem emosional yang menempelkan kita semua, yang menyatukan kita menjadi tim. Yesus dan Paulus menjelajah bersama tim, tidak pernah sendiri.

Hai Timotius, peliharalah apa yang telah dipercayakan kepadamu. | 1 Timotius 6:20a

Bagi tanggung jawab. Biarkan orang lain melakukannya. Untuk membiarkan orang lain melakukannya, kita harus percaya kepadanya. Dalam grup bagikan siapa yang memimpin diskusi, pujian, dan lainnya. Dalam setiap grup ada talenta tersembunyi dan tugas kita dalam grup adalah menemukannya.

Banyak orang menyebut diri baik hati, tetapi orang yang setia, siapakah menemukannya? | Amsal 20:6

Trust.jpg

Bagaimana kita menjadi orang setia dan bisa dipercaya?

Dengan Menjadi Konsisten

Orang mau kita menjadi mudah ditebak, bukan orang yang sebentar begini sebentar begitu.

Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. | Lukas 16:10a

Banyak orang ingin melayani Tuhan dengan cara yang besar. Tapi kita membangun kepercayaan dalam hal-hal yang kecil, hal-hal yang tidak dilihat orang tapi dilihat Tuhan.

Karakter dibentuk bukan dari hal besar yang kita lakukan, tapi dari hal kecil yang tidak dilihat manusia tapi dilihat Tuhan.

Karena kesetiaan terhadap hal kecil, Tuhan mempercayakan kita dengan yang besar.

Dengan Menjadi Konfidensial (Bisa Menjaga Rahasia)

Apa yang dikatakan dalam grup tidak dikatakan di luar grup.

Siapa mengumpat, membuka rahasia, tetapi siapa yang setia, menutupi perkara. | Amsal 11:13

Gosip adalah saat kita membagikan informasi dimana kita bukan bagian dari masalah maupun solusi. Itu adalah salah. Itu adalah informasi curian. Dalam hukum jika kita mengambil barang curian, kita sama bersalahnya dengan pencuri.

Dengan Menjadi Dekat

Habiskan waktu bersama orang jika mau dipercaya.

Kepercayaan butuh waktu.

Jarak menciptakan ketidakpercayaan. Semakin kita jauh dengan seseorang, kepercayaan semakin pudar.

Kita bisa kehilangan kepercayaan dalam sekejap tapi butuh waktu tidak sebentar untuk kepercayaan.


EMPATHY

Dan akhirnya, hendaklah kamu semua seia sekata, seperasaan, mengasihi saudara-saudara, penyayang dan rendah hati. | 1 Petrus 3:8

Kita tidak akan punya sebuah tim kalau kita tidak tahu apa yang sedang terjadi dalam kehidupan masing-masing.

Empati memenuhi dua kebutuhan manusia yaitu dimengerti dan divalidasi. Kita butuh orang yang mengatakan kepada kita bahwa itu tidak apa, kita tidak aneh, dan itu normal.

636007511560243029-1630121470_roman_sermon_base

Bagaiaman bisa empati?

Pelan-Pelan

Jika kita berkendara mobil dan melewati sebuah pantai, kita tidak akan terlalu banyak memperhatikan detil pada pantai tersebut. Jika kita mengendarai motor atau sepeda, mungkin kita akan melihat lebih banyak detil tapi tetap tidak banyak. Saat kita berlari atau berjalan kita mulai bisa melihat beberapa detil dengan jelas. Tapi apabila kita ingin benar-benar memperhatikan semua detil yang ada, kita harus duduk santai di pantai. Dengan begitu kita akan bisa memperhatikan pasir yang ada di pantai, ombak, pepohonan, orang-orang di pantai, dan detil-detil lainnya.

Kita melewatkan detil karena kita terus bergerak. Jika kita terlalu cepat bergerak, kita tidak akan melihat detil.

Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah. | Yakobus 1:9

SlowDown.jpg

Manusia rata-rata bisa mendengar 650 kata per menit, tapi kita hanya bisa berkata-kata 150 kata per menit. Ada perbedaan 500 kata antata mendengar dan berkata-kata. Bukan berarti kita bisa membaca koran sambil mendengar orang lain. Bukan berarti kita bisa menonton TV sambil mendengar orang lain. Kita bisa melakukan itu, tapi itu tidak simpatis. Kita mungkin suka berbicara, berkotbah, atau menjadi bos. Tapi saat kita turun menjadi setara dengan yang lain, kita harus memperlambat gerakan kita.

Sebelum masuk ke dalam sebuah pertemuan grup, tarik nafas panjang dan perlambat gerakan kita. Jangan menjadi orang sibuk yang datang menanyakan kabar kemudian pergi mengetik di hp atau telepon seperti orang sibuk dan kemudian pulang. Dengan memperlambat gerakan kita, kita akan mulai membangun hubungan.

Bertanya

Rancangan di dalam hati manusia itu seperti air yang dalam, tetapi orang yang pandai tahu menimbanya. | Amsal 20:5

Kita harus menimba kalau mau menjadi seorang yang empati. Ada orang yang bisa mengutarakan perasaan dengan mudah, tapi ada banyak yang menahan perasaan mereka dengan ketat. Mereka tidak secara otomatis mau membagikan apa yang benar-benar mereka rasakan. Saat ditanya apa kabar, mereka akan bilang mereka baik-baik saja sebagai jawaban yang sopan. Padahal belum tentu dia baik-baik saja. Makanya kita perlu menimba perasaan mereka. Cara kita menimbanya adalah dengan bertanya.

Belajar bertanya dua kali. Apa kabar? Baik. Bagaimana kabarmu yang sebenarnya? Pancing dengan kata-kata ada kejadian apa baru-baru ini? Mereka akan jawab sedikit. Diam sebentar dan minta diceritakan lebih lagi. Dengarkan. Jangan takut akan keheningan. Jika topik satu sudah selesai, jangan sungkan untuk bicarakan hal yang lain.

Tunjukkan Emosi

Bersukacitalah dengan orang yang bersukacita, dan menangislah dengan orang yang menangis! | Roma 12:15

Empati bukan hanya berkata saya turut berduka cita, tapi saya berduka cita bersamamu. Bagaimana supaya bisa melakukannya? Dengan terus dipenuhi oleh Tuhan. Kita tidak akan bisa empati terhadap siapapun jika kita tidak terisi dengan Tuhan. Biarkan kebutuhan emosi dipenuhi dalam grup.


ACCOMMODATION

Ketika kita memberi akomodasi, kita memberi ruang karena Tuhan membuat kita berbeda-beda.

Tamu selalu mendapat yang terbaik. Dalam rumah terkadang kamar tamu adalah kamar paling baik padahal jarang digunakan. Akomodasi membutuhkan pengorbanan. Berkorbanlah untuk mengakomodasi baik di gereja maupun di grup agar makin banyak orang yang nyaman berada di dalam Tuhan.

Kejarlah keadilan, kesetiaan, kasih dan damai bersama-sama. | 2 Timotius 2:22b

Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang! | Roma 12:18

Sedapat-dapatnya berarti tidak berhenti melakukan, tetap lakukan. Ada orang yang tidak bisa disenangi walaupun kita sudah melakukan semuanya. Tapi itulah arti akomodasi.

Freight Midpoint Accommodation.png

Akomodasi Kebutuhan Masing-Masing

Setiap orang di antara kita harus mencari kesenangan sesama kita demi kebaikannya untuk membangunnya. | Roma 15:2

Kita bisa memenuhi kebutuhan masing-masing. Tanyakan apa yang bisa kita bantu minggu ini?

Akomodasi Ide Masing-Masing

Hati orang berpengertian memperoleh pengetahuan, dan telinga orang bijak menuntut pengetahuan. | Amsal 18:15

Setiap ada yang memberi ide, kita kadang bisa merasa itu ide yang bodoh. Tapi ada kemungkinan lain, bisa jadi itu ide baru yang bisa mengubah hidup menjadi lebih baik.

Akomodasi Kepribadian Masing-Masing

Demikianlah kita mempunyai karunia yang berlain-lainan menurut kasih karunia yang dianugerahkan kepada kita. | Roma 12:6

Ada yang mau kerja, fokus pada tugas. Ada yang mau bersenang-senang. Ada yang banyak berpikir. Ada yang mau semuanya damai. Dalam satu situasi kita akan lihat setiap kepribadian masing-masing.

Contoh saat mau pergi ke Bali, orang yang fokus pada tugas akan berpikir apa yang akan kita lakukan di Bali? Bagaimana mengubah dunia saat kita di sana? Orang yang suka bersenang-senang akan menawarkan tempat-tempat makan yang enak di sana. Orang yang banyak berpikir akan bertanya kenapa? Kenapa harus ke Bali? Kenapa harus pergi ke luar? Kemudian Orang yang mencintai damai akan memulai voting siapa saja yang keberatan untuk pergi ke Bali supaya semuanya tetap damai.

Tuhan mau menggunakan perbedaan kita untuk membuat perbedaan di dunia.

Bersama kita bisa mengubah dunia untuk kemuliaan-Nya. Itulah sebabnya kita harus menerima dan menikmati perbedaan kita yang adalah karunia dari Tuhan. Tuhan membuat kita berbeda supaya kita bisa melayani bersama.

Akomodasi Kesalahan Masing-Masing

Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu. | Efesus 4:2

Awalnya mungkin kita bisa berpikir bahwa ini adalah grup yang bagus sekali. Orang-orangnya hampir sempurna. Tidak akan lama saat kita bergabung dalam grup untuk tahu ada banyak cacat dalam sebuah grup.

5-common-mistakes-in-English-speaking.jpg

Saat kita menemukan cacat ada beberapa pilihan yang bisa kita buat.

  1. Berpura-pura. Anggap tidak ada cacat. Kita akan stress karena ini.
  2. Kabur. Tinggalkan grup itu dan cari grup lain yang sempurna dimana kita tidak akan mungkin temukan.
  3. Terima. Betapa leganya itu dimana kita bisa mengatakan bahwa tidak ada yang sempurna di antara kita.

Akomodasi tidak membuat kita lemah, itu membuat kita kuat karena kita tidak menghadapi dunia ini sendirian tapi sebagai sebuah tim.


MISSION

Inilah yang paling penting. Punya tim harus punya misi, akibat, dan tujuan. Tim tidak hanya ada begitu saja. Tim punya alasan. Tim tidak ada untuk diri sendiri. Tim punya dampak. Tim membuat perbedaan dalam dunia ini. Ada yang harus tim capai.

Karena itu sempurnakanlah sukacitaku dengan ini: hendaklah kamu sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan. | Filipi 2:2

Dalam Dewasa Muda kita belajar untuk bertumbuh bersama. Kita harus tetap mempertahankan visi dari Dewasa Muda yaitu komunitas yang memiliki komitmen terhadap Hukum Terutama dan Amanat Agung. Worship, Fellowship, Discipleship, Ministry, dan Evangelism.

Hanya, hendaklah hidupmu berpadanan dengan Injil Kristus, supaya, apabila aku datang aku melihat, dan apabila aku tidak datang aku mendengar, bahwa kamu teguh berdiri dalam satu roh, dan sehati sejiwa berjuang untuk iman yang timbul dari Berita Injil. | Filipi 1:27

missionvision.jpg

Kita bekerja bersama. Kekuatan “kita” yang akan memampukan sebuah tim untuk memenuhi misi. Kita bisa melihat masalah di dunia dan membuat down serta stress. Kita bisa lihat penyakit, kemiskinan, dan lainnya.

Kita bertanya bagaimana kita bisa membuat perbedaan? Kita tergoda bertanya kepada Tuhan, “Kenapa Engkau tidak melakukan sesuatu?”

Dan Tuhan menjawab, “Itu pertanyaan yang Aku tanyakan kepada kalian. Kenapa kamu tidak melakukan sesuatu tentang itu? Kamulah yang ada di dunia ini!”

Ada kuasa luar biasa dalam sebuah tim. Kita mengambil sedikit resiko saat bersama daripada saat sendirian. Ribuan tahun yang lalu ada sebuah tim yang membangun sebuah menara tapi Tuhan tidak mau menara itu jadi. Makanya Tuhan membingungkan bahasa mereka. Menara itu disebut menara Babel.

tower-of-babel-19-jun-091.jpg

Mereka ini satu bangsa dengan satu bahasa untuk semuanya. Ini barulah permulaan usaha mereka; mulai dari sekarang apapun juga yang mereka rencanakan, tidak ada yang tidak akan dapat terlaksana. | Kejadian 11:6

Ketika punya tim atau komunitas dengan tujuan yang benar dan komunikasi yang jelas, Tuhan bilang kita akan menjadi tak terhentikan. Tidak ada yang tidak akan dapat terlaksana jika kita bersatu dalam tim. Kita membangun manusia di dalam sebuah tim. Apabila dalam sebuah komunitas kecil kita menemukan TRUST, EMPATHY, ACCOMODATION, dan MISSION yang jelas, maka dengan bantuan Tuhan tidak akan ada yang mustahil. Tuhan mau menggunakan kita dalam sebuah tim.

Jangan hanya belajar atau bersekutu, tapi cari sebuah misi atau proyek dimana kita masuk ke sebuah fellowship yang lebih mendalam dalam melayani bersama.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s