WISDOM

INVESTASI TERBAIK

Kita tidak bisa membawa harta kita, tapi kita bisa mengirimnya terlebih dahulu. Alkitab mengatakan kita bisa mengumpulkan harta di surga.

Alkitab mengatakan juga bahwa kita berinvestasi untuk kekekalan dengan menggunakan uang kita untuk tujuan Tuhan dalam hidup kita. Investasi itu aman dan kekal selamanya.

INVEST-tree

Jangan pernah menaruh uang kita dalam satu tempat saja. Tuhan juga berkata begitu. Dia mau berinvestasi dalam beberapa tempat. Tempat itu adalah tujuan yang Tuhan taruh dalam hidup kita. Bagaimana caranya?


1. TUHAN MAU KITA BERINVESTASI DALAM KAS SIMPANAN TUHAN

Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga. | Matius 6:19-20

Kita mengivenstasikan uang kita untuk MENGEKSPRESIKAN PENYEMBAHAN.

Kita melakukan itu karena itu menyenangkan Tuhan. Kita suka memberikan orang tua kita hadiah yang aneh. Walaupun aneh, mereka tetap bersukacita. Mereka tidak membutuhkan apa-apa dari kita, tapi mereka menikmatinya karena kita memikirkan mereka. Tuhan tentunya tidak membutuhkan uang kita tapi saat kita memberikan kembali untuk Tuhan, Dia senang karena kita mengasihi Dia. Tuhan tersenyum karena kita memikirkan-Nya.

Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu. | Amsal 3:9

Itu dinamakan perpuluhan. Setiap kita merasa jauh dari Tuhan, itulah saat kita memberikan persembahan karena itu mendekatkan kita kepada Tuhan. Saat kita memberikan uang kepada seseorang, itu mendekatkan kita pada orang itu. Alkitab mengatakan bahwa tidak semua tindakan memberi adalah tindakan penyembahan.

Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada. | Matius 6:21

tithes-and-offerings-2

PEMBERIAN SEPERTI APA YANG MENUNJUKKAN PENYEMBAHAN?

Pemberian yang TIDAK DIATUR.

Kita tidak mengontrolnya atau tidak memberi tahu Tuhan apa yang harus dilakukan dengan uang itu. Kita hanya berserah dan menyerahkan kepada Tuhan apa yang mau Dia perbuat atas uang itu.

Tak seorang pun boleh menjual atau menebus apa yang telah dikhususkannya tanpa syarat kepada TUHAN. | Imamat 27:28 (BIS)

Pemberian KETIKA dan DIMANA kita menyembah.

Setiap hari Minggu, sebagian dari uang yang Saudara peroleh selama seminggu hendaknya Saudara sisihkan untuk persembahan. Besarnya persembahan Saudara bergantung pada jumlah penghasilan yang telah dikaruniakan Allah kepada Saudara. | 1 korintus 16:2 (FAYH)

Pemberian penyembahan diberikan setiap hari Minggu karena itulah ketika dan dimana kita menyembah. Pertama Tuhan mau kita memberikan perpuluhan di awal bulan. Kemudian Tuhan mau kita menyisihkan sesuatu. Itu berarti kita harus memikirkannya, tidak memberikannya secara spontan. Ada porsinya bergantung pada jumlah penghasilan. Jika kita tidak mendapatkan apa-apa selama seminggu, kita tidak perlu memberikan apa-apa. Jika kita mendapat banyak, kita memberi banyak. Jika sedikit, kita memberi sedikit.

Tuhan mau hati kita, uang kita. Dan nyatanya apa yang ada di hati kita turun ke dalam dompet kita karena di situlah hati kita berada.

Maksud memberikan persepuluhan itu ialah untuk mengajar kamu supaya selalu mengutamakan Allah di dalam hidupmu. | Ulangan 14:23 (FAYH)


2. TUHAN MAU KITA BERINVESTASI DALAM KAS BERSAMA

Hendaklah Saudara-saudara saling mengasihi satu sama lain dengan mesra. | Roma 12:10 (BIS)

BAGAIMANA?
Dengan menggunakan uang saya untuk MENDORONG PERSEKUTUAN.

Kita menggunakan uang kita untuk mendemonstrasikan kasih kepada orang percaya lainnya. Kita menggunakan uang kita untuk membangun hubungan.

Tolonglah mencukupi kebutuhan orang-orang Kristen lain dan sambutlah saudara-saudara seiman yang tidak Saudara kenal, dengan senang hati di dalam rumahmu. | Roma 12:13 (BIS)

Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik. | Ibrani 10:24

Setiap kita memberikan uang kepada Tuhan, itu mendekatkan kita dengan Tuhan. Setiap kita memberikan uang kepada seseorang, itu mendekatkan kita dengan orang itu.

03d48c_78d4cc549a84497bb6b9c0b10089ad6e

Saat kita memberikan uang dalam komunitas sel kita, kita membangun hubungan dengan orang-orang di dalamnya sehingga menjadi lebih dekat. Ketika kita membawakan makanan untuk orang lain, kita sedang berinvestasi dalam kas bersama. Saat kita membuka komsel di rumah dan mempersiapkan hidangan setelah komsel, kita sedang berinvestasi dalam kas bersama. Ketika orang percaya lain sedang goyah dan kita mengajaknya makan siang bersama kemudian kita membayarnya, kita sedang berinvestasi dalam kas bersama.

Kita bisa memberikan kepada Tuhan dan itu berarti mengumpulkan harta di surga. Tapi kita juga bisa memberikan kepada sesama. Dan saat kita memberi untuk sesama dalam kasih, itu berarti.

120917030804-kid-gives-flowers-story-top.jpg

Kenapa kita harus memberi untuk mendorong persekutuan?

Sebab pelayanan kasih yang berisi pemberian ini bukan hanya mencukupkan keperluan-keperluan orang-orang kudus, tetapi juga melimpahkan ucapan syukur kepada Allah. Dan oleh sebab kamu telah tahan uji dalam pelayanan itu, mereka memuliakan Allah karena ketaatan kamu dalam pengakuan akan Injil Kristus dan karena kemurahan hatimu dalam membagikan segala sesuatu dengan mereka dan dengan semua orang. | 2 Korintus 9:12-13

Ketika kita memberi, itu bukan hanya membuat kita semakin mengasihi orang itu tapi itu juga menjadi kesaksian untuk orang lain.

Mereka bercerita kepada jemaat di sini tentang keramahan dan perbuatan-perbuatanmu yang penuh dengan kasih. Aku sangat bersyukur karena engkau rela menolong mereka meneruskan perjalanan dengan perbekalan yang limpah. | 3 Yohanes 1:5 (FAYH)

Suatu hari seorang gembala dan beberapa stafnya makan di sebuah tempat makan. Saat pelayannya tidak sengaja mendengar bahwa mereka dari gereja ini, pelayan tersebut memaksa untuk membayar bill mereka. Saat ditanyakan kenapa, pelayan ini menjawab ada satu pasang suami istri dari gereja mereka yang suka datang ke sana dan setiap sebelum mereka membayar bill mereka, mereka meminta untuk membayar dua bill secara acak dari pelanggan yang datang.

Gereja harus dikenal dengan perbuatan-perbuatan kasih terhadap sesama. Itulah yang menjadi kesaksian kita dan membuat orang lain bersaksi juga atas iman kita terhadap Tuhan.

Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun! | Mazmur 133:1


3. TUHAN MAU KITA BERINVESTASI DALAM KAS PERTUMBUHAN

Itu berarti berinvestasi dalam pertumbuhan pribadi.

Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. | 2 Petrus 3:18

BAGAIMANA?

Dengan menggunakan uang kita untuk MENGEMBANGKAN KARAKTER KITA.

Penghasilan orang baik dipakai untuk kebenaran. Penghasilan orang jahat diboroskan dalam perbuatan dosa. | Amsal 10:16

Tuhan mau kita menggunakan uang kita untuk bertumbuh secara rohani. Kita menggunakan uang kita untuk menjadi pendoa yang lebih baik, pembicara yang lebih baik, pemimpin yang lebih baik, orang yang lebih baik. Kenapa? Karena itulah yang akan bertahan. Kita membawa karakter kita ke surga, diri kita. Jadi berinvestasilah dalam diri kita sendiri untuk pertumbuhan rohani.

Jangan investasi untuk kenyamanan di dunia, tapi Tuhan mau kita berinvestasi untuk pertumbuhan rohani. Setiap kita membeli buku, cd, kaset, atau dvd untuk pengembangan rohani; kita sedang berinvestasi dalam kas pertumbuhan. Ketika kita mengeluarkan uang untuk seminar, retreat, kelas, atau konferensi untuk mengembangkan hidup kita; kita sedang berinvestasi dalam kas pertumbuhan.

Saat membeli Alkitab, belilah Alkitab yang bisa memandu kita untuk bertumbuh. Carilah pengetahuan yang terbaik untuk diri kita sendiri. Keluarkan uang untuk itu, berinvestasilah.

originalMengapa kamu membelanjakan uangmu untuk makanan yang tidak memberi kekuatan? Mengapa kamu menggunakan hasil jerih payahmu untuk hal-hal yang tidak mengenyangkan kamu? Dengarkanlah Aku, maka Aku akan memberitahu kamu di mana kamu memperoleh makanan yang baik yang membuat jiwamu menjadi sehat dan gemuk. | Yesaya 55:2 (FAYH)

Ingat ada 3 macam makanan yang bisa kita terima. Pertama adalah racun yang menghancurkan tubuh kita (pornografi, kekerasan, dan lainnya). Kedua adalah junk food yang mengenyangkan kita dengan sia-sia sehingga waktu kita terpakai untuk hal yang tidak berguna (gadget, televisi, dan lainnya). Ketiga adalah makanan untuk jiwa kita (Alkitab, buku-buku rohani, video atau audio kotbah, dan lainnya). Manakah yang mau kita makan?

Memperoleh hikmat sungguh jauh melebihi memperoleh emas, dan mendapat pengertian jauh lebih berharga dari pada mendapat perak. | Amsal 16:16

Jangan menumpukkan uang kita. Gunakan itu. Dan cara menggunakannya adalah dengan mendapatkan hikmat. Uang itu seperti pupuk. Jika kita menumpukkannya, maka akan mulai bau. Tapi jika kita menyebarkannya, maka akan mulai bertumbuh.

Kita bukan hanya memberikan persembahan, tapi kita sendirilah yang menjadi persembahan yang hidup untuk Tuhan dengan menjadikan diri kita orang yang lebih baik.

Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati. | Roma 12:1


4. TUHAN MAU KITA BERINVESTASI DALAM KAS PELAYANAN YANG ADIL

Jadi Tuhan mau kita mengasihi Tuhan, sesama, dan bertumbuh dalma karakter. Kemudian saat di surga nanti kita juga akan melayani Tuhan dan sesama. Itu adalah pelayanan.

Mereka telah memberikan menurut kemampuan mereka, bahkan melampaui kemampuan mereka. Dengan kerelaan sendiri mereka meminta dan mendesak kepada kami, supaya mereka juga beroleh kasih karunia untuk mengambil bagian dalam pelayanan kepada orang-orang kudus. | 2 Korintus 8:3-4

BAGAIMANA?

Dengan menggunakan uang kita untuk MEMPERBESAR PELAYANAN KITA.

Setiap orang memiliki pelayanan karena Tuhan tidak menaruh kita di dunia untuk hidup bagi diri kita sendiri. Dia mau kita menjadikan dunia lebih baik dengan melayani. Jika kita tidak melakukan itu maka kita melewatkan rencana Tuhan dalam kita. Pelayanan berarti memenuhi kebutuhan orang lain.

Hendaknya kamu kaya dalam pelayanan kasih ini. | 2 Korintus 8:7

Kita harus membantu orang-orang yang lemah dan harus mengingat perkataan Tuhan Yesus, sebab Ia sendiri telah mengatakan: Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima. | Kisah Para Rasul 20:35

Semakin kita memberi untuk orang lain, semakin Tuhan memberi untuk kita. Kenapa? Karena Tuhan mau kita menjadi seperti Dia. Dialah yang paling murah hati. Semua yang ada pada kita karena kemurahan Tuhan. Dia menciptakan itu semua.

Mungkin kita berkata tapi saya yang berusaha mendapatkan itu semua. Tapi siapakah yang memberi kita kemampuan untuk bekerja? Darimana kita mendapat tangan, kesehatan, pikiran, kemampuan, dan tenaga kita? Siapa yang menentukan kita lahir di tempat ini sehingga bisa berhasil?

Orang yang suka menolong orang lain dengan hartanya mungkin saja bertambah kaya. Tetapi orang kikir mungkin kehilangan segala-galanya. Ya, orang yang murah hati akan menjadi kaya! Dengan menyirami orang lain, ia menyirami diri sendiri. | Amsal 11:24 (FAYH)

Faith based Christian Drug & Alcohol Recovery Program | Christ-Centered

Ada kelompok orang yang Tuhan benar-benar mau kita untuk memberi yaitu orang-orang miskin. Bagaimana kita bereaksi terhadap orang-orang miskin?

Orang yang memberi kepada yang miskin akan mengalami kecukupan segala keperluannya; orang yang menutup mata terhadap mereka akan terkutuk. | Amsal 28:27 (FAYH)

Siapa menaruh belas kasihan kepada orang yang lemah, memiutangi TUHAN, yang akan membalas perbuatannya itu. | Amsal 19:17

Jika seorang saudara atau saudari tidak mempunyai pakaian dan kekurangan makanan sehari-hari, dan seorang dari antara kamu berkata: “Selamat jalan, kenakanlah kain panas dan makanlah sampai kenyang!”, tetapi ia tidak memberikan kepadanya apa yang perlu bagi tubuhnya, apakah gunanya itu? Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati. | Yakobus 2:15-17


5. TUHAN MAU KITA BERINVESTASI DALAM KAS DUNIA

Aku akan membuat engkau menjadi terang kepada bangsa-bangsa di dunia dan juga memberikan keselamatan-Ku kepada mereka. | Yesaya 49:6

BAGAIMANA?

Dengan menggunakan uang kita untuk MEMPELUAS MISI KITA.

Dengarlah! Pakailah kekayaan dunia ini untuk mendapat kawan, supaya apabila kekayaan dunia ini sudah tidak berharga lagi, kalian akan diterima di tempat tinggal yang abadi. | Lukas 16:9

Ini berarti menggunakan uang kita untuk membawa orang lain ke surga. Jadi saat kita di surga, orang itu akan berterima kasih kepada kita karena telah berinvestasi padanya sehingga dia bisa masuk surga. Orang-orang itu bukanlah teman selama hidup, tapi teman selama kekekalan karena mereka di surga atas kepedulian kita.

Kita membelikan mereka Alkitab. Kita membiayai seminar atau tiket acara. Kita membelikan buku rohani. Kita menyumbangkan uang untuk misi. Kita membantu menyebarkan Injil ke seluruh dunia. Karena kita memberi, orang lain masuk ke surga. Itulah investasi uang yang paling berguna.

AllAboutGiving

Jika kita tahu obat HIV atau kanker tetapi tidak membagikannya untuk orang lain, itu sangatlah jahat. Jika kita tahu orang lain bisa menemukan tujuan hidup mereka dan masa lalu mereka diampuni serta masa depan mereka di surga bersama Yesus tapi kita tidak membagikannya, itu sangatlah jahat.


 Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi. Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga. | Matius 6:19-20

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s