WISDOM

KENAPA ALKITAB BISA DIPERCAYA?

Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik. | 2 Timotius 3 :16-17

Setiap Firman Tuhan yang tertulis di dalam alkitab adalah nafas daripada Allah sendiri (diilhamkan Allah). Seperti yang kita tahu juga bahwa nafas kehidupan Allahlah yang membuat kita, sebagai manusia, hidup.

Ada beberapa hal yang bisa membuat kita mempercayai Alkitab.


1. ALKITAB SANGAT AKURAT SECARA SEJARAH

Alkitab bukan saja hanya secara “alkitabiah” itu benar, tetapi sejarah. Apa itu sejarah? Sejarah berbicara tentang kisah nyata dan orang yang nyata. Sejarah menurut Wikipedia diartikan sebagai kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau atau asal usul (keturunan) silsilah.

Jadi sejarah itu sendiri menguatkan sebuah kebenaran dalam Alkitab bahwa Allah tidak akan atau pernah berdusta karena Allah adalah kebenaran itu sendiri. Jika di dalam Alkitab sampai saat ini bisa ditemukan satu saja kebohongan, maka seluruh Alkitab tidak bisa dipercaya dan tidak bisa disebut sebagai Kitab Kebenaran. Itulah mengapa Alkitab itu selalu benar, karena Allah tidak akan bisa berdusta.

Sebab firman TUHAN itu benar, segala sesuatu dikerjakan-Nya dengan kesetiaan. | Mazmur 33:4

Bagaimanakah caranya kita memastikan bahwa sejarah dan alkitab itu akurat dan selaras. Dalam ilmu sejarah, ada tes yang dilakukan untuk memastikan bahwa sejarah itu benar atau hanya cerita khayalan/legenda. Alkitab ditulis oleh orang-orang yang benar-benar melihat dan mengalami secara langsung kejadian-kejadian yang terjadi di masa itu.

Alkitab sudah di-copy berulang kali dan diteruskan ke generasi dan generasi, bagaimana kita tahu bahwa semuanya masih sesuai dengan original-nya? Itu pertanyaan yang sering dipertanyakan.

babylon-tablet.jpeg

Bila kita mengetahui dan mempelajari bagaimana Alkitab disatukan, diterjemahkan, dan di cetak; maka kita akan mengetahui seberapa akurat Alkitab itu. Mereka memiliki sebuah hukum atau aturan dalam mencetak sebuah Alkitab. Mereka bahkan harus mencetak bukan per-kata melainkan per-huruf. Mereka juga bahkan bisa tahu ada berapa huruf mati dan hidup dalam setiap pasal ataupun dalam setiap buku perjanjian. Lebih hebatnya lagi mereka bisa mengetahui huruf apa yg ada di tengah-tengah dari seluruh kitab.

Bagaimana lagi kita bisa tahu Alkitab akurat secara ilmu sejarah? Dari Ilmu Arkeologi. Kita tahu bahwa semua cerita di Alkitab itu ada tempat dan bukti nyata yang mereka cari dan gali. Salah satu penemuan arkeolog yang paling besar dan sebelumnya menjadi kontroversi dunia saat itu adalah tentang kekaisaran bangsa Het dan juga ditemukannya gulungan-gulungan kitab perjanjian lama di Laut Mati.


2. ALKITAB SANGAT AKURAT SECARA SAINS

Banyak orang yang selalu membandingkan sains dan Alkitab. Dan sebagian besar mereka beranggapan bahwa Alkitab banyak bertentangan dengan hukum sains. Padahal ilmu sains itu sendiri sangat dinamis dan tidak selalu benar dan valid selamanya.Buku Matematika SD orang tua kita yang dahulu tidak mungkin dipakai oleh anak kita sekarang. Teori kedokteran jaman dahulu ada yang bertolak belakang dengan teori jaman sekarang.

Tetapi Alkitab mewakili ilmu sains yang sebenarnya karena Allah adalah sumber segala ilmu pengetahuan, bahkan Alkitab lebih dahulu menjelaskan ilmu sains yang valid sebelum ilmu tersebut dicatat atau ditemukan oleh manusia.

Jadi bisa dikatakan bahwa Alkitab adalah sumber ilmu sains yang pasti. Bahkan masih banyak ilmu yang akan dibuktikan di masa depan di dalam Alkitab. Allah adalah pencipta alam semesta dan segalanya. Jadi ilmu sains (fisika, kimia, biologi & matematika) adalah ilmu yang diciptakan dan ditetapkan Allah, hanya saja manusia baru mengerti beberapa saja. Masih banyak yang belum diketahui dan dimengerti. Firman Tuhan selalu lebih depan dari ilmu sains.

Baiklah semuanya memuji nama TUHAN, sebab Dia memberi perintah, maka semuanya tercipta. Dia mendirikan semuanya untuk seterusnya dan selamanya, dan memberi ketetapan yang tidak dapat dilanggar. | Maz 148 :5-6

Salah satu contoh bukti bahwa Alkitab selalu akurat secara ilmu sains adalah selama berabad-abad manusia beranggapan bahwa bumi itu datar. Faktanya bumi itu bundar dan itu sudah tertulis di dalam alkitab sejak lama.

Dia yang bertakhta di atas bulatan bumi yang penduduknya seperti belalang; Dia yang membentangkan langit seperti kain dan memasangnya seperti kemah kediaman! | Yesaya 40:22

BibleScienceLogo.png

Fakta itu sudah tertulis di dalam Alkitab, tetapi manusia menolak untuk menerimanya. Bahkan banyak sekali kepercayaan2 yang bertahan sampai saat ini mengenai bumi. Contohnya orang Yunani dulu percaya bahwa bumi diangkat oleh dewa Atlas. Contoh kepercayaan lain ada pada agama Hindu yang percaya bahwa bumi ada di punggung dari seekor gajah suci.

Dari sini kita bisa melihat bahwa semuanya itu bertentangan dengan ilmu sains yang sudah dibuktikan oleh manusia sendiri. Tetapi Alkitab selalu benar dan tidak bertentangan dengan ilmu sains sekarang. Kenapa? Karena Alkitab adalah firman Allah dan Allah sendiri yang menciptakan segalanya, bukan buatan pikiran manusia.

Allah membentangkan utara di atas kekosongan, dan menggantungkan bumi pada kehampaan. | Ayub 26:7

Kitab Ayub adalah kitab tertua yang ditemukan di bumi. Pertanyaannya siapakah yang beritahu Ayub bahwa bumi itu ada di angkasa? Padahal pada jaman Firaun, mereka percaya bahwa bumi ini ditopang oleh 5 pilar.

Satu lagi bukti lain bisa dilihat dari ilmu biologis. Jaman dahulu dokter-dokter mempercayai sebuah teori bahwa darah yang terlalu banyak dalam tubuh manusia dapat membuat orang sakit karena bakteri atau virus itu akan terus berkembang dalam tubuh manusia. Oleh karena itu jika seseorang sakit parah, para dokter waktu itu akan mengeluarkan darah dari tubuh pasien supaya cepat sembuh. Dan akhirnya banyak sekali pasien yang meninggal karena kehabisan darah. Mereka tidak pernah tahu bahwa jantung memompa darah ke seluruh tubuh agar manusia bisa tetap hidup sampai tahun 1650. Salah satu korban yang meninggal karena teori itu adalah George Washington, mantan presiden Amerika.

Karena nyawa makhluk ada di dalam darahnya dan Aku telah memberikan darah itu kepadamu di atas mezbah untuk mengadakan pendamaian bagi nyawamu, karena darah mengadakan pendamaian dengan perantaraan nyawa. | Imamat 17 : 11


3. ALKITAB SANGAT AKURAT DENGAN NUBUATAN-NUBUATANNYA

Di dalam Alkitab kita bisa menemukan ribuan nubuatan yang menggambarkan apa yang akan terjadi di masa depan. Dari ribuan nubuatan tersebut sebagian sudah terjadi sesuai dengan yang tertulis dalam Alkitab dan sebagian lagi kita masih menunggu yang pasti akan terjadi.

bible.prophecy1.jpeg

Ratusan tahun sebelum Tuhan Yesus lahir, ada sekitar 300 nubuatan tentang Tuhan Yesus. Dimana, bagaimana, kapan, dan apa saja yang akan terjadi pada-Nya terjadi sesuai dengan semua nubuatan itu.

Sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah. | 2 Petrus 1:21

Akan tetapi semua ini terjadi supaya genap yang ada tertulis dalam kitab nabi-nabi. | Matius 26:56a

Lalu Ia berkata kepadaku: “Perkataan-perkataan ini tepat dan benar, dan Tuhan, Allah yang memberi roh kepada para nabi, telah mengutus malaikat-Nya untuk menunjukkan kepada hamba-hamba-Nya apa yang harus segera terjadi. Sesungguhnya Aku datang segera. Berbahagialah orang yang menuruti perkataan-perkataan nubuat kitab ini!” | Wahyu 22:7


4. ALKITAB MEMILIKI KESATUAN DAN KESELARASAN YANG SEMPURNA

Alkitab adalah satu kepustakaan yang terdiri dari 66 buku/kitab yang ditulis selama 1600 tahun oleh 40 orang yang berbeda yang berada di 3 benua berbeda dan ditulis dalam 3 bahasa dengan latar belakang pekerjaan, status ,dan umur yang berbeda.

Tiga puluh sembilan buku Perjanjian Lama disusun antara tahun 1400 sampai 400 Sebelum Masehi, 27 buku Perjanjian Baru disusun antara tahun 50-100 Masehi. Nabi Musa memulai dengan lima buku pertama Alkitab sekitar tahun 1400 SM.  Rasul Yohanes menulis buku terakhir dari Alkitab, Wahyu, sekitar tahun 95 M.

Tetapi inilah keajaiban dari semua itu:  Jika ke-66 buku dalam Alkitab dengan 1189 pasal dan terdiri dari 31.173 ayat digabung, kita menemukan kesatuan dan keselarasan yang sempurna dengan pesan, tema, dan inti yang terdapat di dalamnya. Dan tokoh utama nya adalah Yesus Kristus.

Hal ini seperti saat kita mempersilakan seseorang masuk untuk meletakkan satu marmer yang telah dibentuk secara khusus di lantai ruang tamu dan meninggalkannya di situ tanpa sepatah katapun.  Kemudian tamu-tamu lain mengikutinya sampai sekitar 40 orang dan masing-masing meletakkan marmer yang telah bernomor ke tempatnya. Ketika tamu yang terakhir telah pergi, kita tercengang melihat satu patung yang indah berdiri di depan kita. Lalu kita mengetahui bahwa kebanyakan dari “pematung-pematung” itu tidak pernah bertemu satu sama lain. Mereka datang dari Amerika Selatan, Cina, Rusia, Afrika dan bagian lain di dunia.  Apa kesimpulan kita?  Bahwa ada seorang yang telah merancang patung itu dan telah mengirim kepada setiap orang spesifikasi yang tepat untuk setiap bagian khusus dari marmer itu.

bible-unity.jpeg

Alkitab secara keseluruhan mengkomunikasikan pesan yang saling terkait satu sama lain sama seperti patung marmer yang sempurna itu.  Satu pikiran yang merencanakan semua itu, yaitu pikiran Tuhan.  Kesatuan Alkitab yang luar biasa itu membuktikan bahwa walaupun manusia menuliskan pemikiran itu, mereka diilhami oleh Tuhan.

Lalu Ia menjelaskan kepada mereka apa yang tertulis tentang Dia dalam seluruh Kitab Suci, mulai dari kitab-kitab Musa dan segala kitab nabi-nabi. | Lukas 24:27

Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa oleh-Nya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku. | Yohanes 5:39

Dari ayat firman di atas kita bisa tahu bahwa banyak di antara manusia yang gemar sekali membaca dan mencari tahu tentang isi daripada Alkitab tetapi kadang mereka tidak menyadari bahwa sebenarnya semua yang tertulis dalam kitab-kitab tersebut semuanya tertuju kepada satu pribadi yaitu Yesus Kristus itu sendiri.

Are-Jesus-Words-More-Important-than-the-Bible-Writers-EL-2.png

Jadi intinya adalah walaupun tujuan utama di dalam Alkitab adalah mengajar atau membimbing manusia supaya hidup benar dan dapat masuk ke dalam surga, tetap ada satu hal yang tidak bisa dipungkiri, Yesus Kristuslah satu-satunya kunci untuk menggenapi semuanya itu.


5. ALKITAB SUDAH DIKONFIRMASI OLEH YESUS SENDIRI

Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi. | Matius 5:18

Banyak orang berpikir, “Saya percaya kepada Yesus, tetapi saya tidak yakin dengan orang-orang yang menulis semua kitab itu karena manusia selalu bisa salah.” Tetapi Yesus berkata bahwa Alkitab selalu benar.

…sedang Kitab Suci tidak dapat dibatalkan. | Yohanes 10:35b

Jika benar kita percaya kepada Yesus, maka kita harus percaya kepada semua yang dikatakan-Nya.

1b69a2af66877d3a2bcaba38e1511a9f.jpeg

Tetapi Ia berkata: “Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya.” | Lukas 11:28

Daftar orang-orang dan tempat yang Yesus percayai sesuai dengan Alkitab:

  1. Yesus percaya dengan nubuatan (Matius 22:40 & 24:15).
  2. Yesus percaya tentang nabi Nuh (Lukas 17:26).
  3. Yesus percaya tentang Adam dan Hawa (Matius 19:4).
  4. Yesus percaya tentang kota Sodom & Gomora (Matius 10:15).
  5. Yesus percaya tentang nabi Yunus (Matius 12:40).

Dari beberapa poin diatas yang Yesus percayai itu nyata. Banyak dari manusia yang berpikir bahwa semuanya itu hanya legenda atau cerita rakyat biasa, yang memilki cerita menarik dan memiliki moral yang baik. Tetapi Yesus percaya bahwa itu ada dan nyata. Mengapa kita yang percaya kepada Yesus harus memilah-milah bagian daripada cerita dalam Alkitab itu sendiri?


6. ALKITAB MENANG ATAS SEGALA KONTRADIKSI DUNIA

Alkitab adalah buku yang paling ditentang di dunia dari masa ke masa, bahkan sampai saat ini masih ada beberapa negara yang menolak Alkitab untuk masuk ke negaranya (dipenjara/dibunuh). Tetapi ajaibnya, Alkitab juga adalah:

  • buku yang terlaris di dunia.
  • buku yang paling banyak diterjemahkan.
  • buku yang paling banyak dibaca.
  • buku yang menjadi sumber utama inspirasi musik.
  • buku yang menjadi sumber utama inspirasi seni.
  • buku yang menjadi sumber utama inspirasi arsitektur.

Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu. | Matius 24:35

Sebab: “Semua yang hidup adalah seperti rumput dan segala kemuliaannya seperti bunga rumput, rumput menjadi kering, dan bunga gugur, tetapi firman Tuhan tetap untuk selama-lamanya.” Inilah firman yang disampaikan Injil kepada kamu. | 1 Petrus 1:24-25

Segala sesuatu yang ada di bumi ini akan berlalu atau ada masanya, tetapi kebenaran firman Tuhan akan ada selama-lamanya di bumi ini. Jadi apapun yang kita pikirkan dan percaya, firman Tuhan tetap tidak pernah salah untuk selamanya.

Biblical-prophecy

Manusia cenderung tidak mau menerima bahwa firman Tuhan-lah yang benar. Oleh karena itu mereka lebih memilih untuk percaya dengan jalan pemikiran mereka sendiri. Itulah yang membuat manusia tidak taat atau melawan dengan Firman Tuhan itu.

Inilah fakta bahwa sebenarnya manusia tahu dan mengerti bahwa firman Tuhan itu selalu benar, tetapi mereka lebih sering tidak mau taat atau mengikutinya, karena tidak sesuai dengan yang mereka inginkan.

Kalau ada dari kita, yang masih berpikir bahwa pedoman utama hidup kita adalah diri kita, itu sama saja kita menentang Tuhan. Itu artinya juga kita menjadikan diri kita tuhan atas segalanya.

Alkitablah yang menjadi pedoman untuk kita bisa diselamatkan dan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Alkitab juga yang menjelaskan bahwa hidup bukan secara kebetulan. Alkitab jugalah yang menjelaskan tujuan kita diciptakan di dunia ini.

Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. | Roma 12:2


7. ALKITAB MEMILIKI KUASA UNTUK MENGUBAHKAN

Tidak ada buku di dunia yang bisa mengubah hidup manusia seperti Alkitab. Ini sudah menjadi cerita umum. Banyak orang yang hidupnya diubahkan hanya melalui Alkitab.

Jika kita pernah memiliki pikiran bahwa hanya hukum yang bisa mengubah hidup manusia, maka seharusnya kita semua jadi politisi. Manusia bisa membuat berbagai macam peraturan atau hukum, tetapi seperti yang kita tahu bahwa hukum tidak bisa mengubah hati seseorang. Firman Tuhan sangat bisa dan mampu.

Holy-Bible-03-e1406266933593-1024x632.jpeg

Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: “Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku. dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.” | Yohanes 8:31-32


Apakah yang menjadi pedoman hidup kita selama ini? Firman Tuhan atau dunia? Percayakah kita terhadap Yesus Kristus? Kenapa kita masih ragu dan menganggap remeh buku atau kitab yang Yesus percayai?

Percayakah kita dengan semua artikel atau berita yang ada di media sekarang ini? Mengapakah kita masih menghabiskan sebagian besar waktu kita untuk membaca, mendengar, dan menonton berita yang jelas-jelas tidak bisa dipercaya dibandingkan dengan Alkitab yang selalu benar?

Ada 3 hal yang membuat kita sulit menghidup firman Tuhan setiap hari.

  1. Prioritas. Kita memprioritaskan pekerjaan, keluarga, diri sendiri, dan hal lainnya daripada kebenaran itu sendiri.
  2. Pengalih. Setiap kita memutuskan untuk membaca Alkitab, ponsel kita akan berbunyi. Televisi akan menayangkan acara yang bagus. Kita berpaling ke YouTube atau Instagram atau lainnya. Keluarga kita membutuhkan perhatian kita.
  3. Fisik. Saat kita sedang dalam keadaan fit, kita sibuk dengan hal lain sampai akhirnya fisik kita mencapai batas dan terlalu lelah atau ngantuk untuk membaca Alkitab.

Solusi untuk ketiga hal ini adalah dengan mengubah mindset kita. Kita sudah tahu bahwa apa yang ada di media bukan sepenuhnya kebenaran. Jadi setiap kita memprioritaskan atau mulai dialihkan, dengan cara berpikir yang berubah Tuhan sanggup mengingatkan kita bahwa yang terpenting adalah kebenaran Tuhan.

Kemudian kita juga harus memiliki sebuah kelompok kecil yang benar-benar komitmen untuk saling berkorban dan mengingatkan untuk membaca Alkitab dan merenungkannya. Dengan kekuatan sendiri pasti mudah untuk mengalami pengalihan. Tapi saat kita berjalan bersama, maka akan lebih menyenangkan dan kita bisa saling mengingatkan. Buatlah sebuah grup pada salah satu aplikasi chatting dan sepakatlah untuk membaca berapa pasal sehari. Kemudian bagikan apa yang didapat dan jangan lupapilih satu ayat hafalan yang berarti. Pakai ayat itu untuk menjadi bahan perenungan dalam satu minggu.

Alkitab adalah kebenaran dan seharusnya kebenaran itulah yang kita perhatikan. Kita bisa mempercayai Alkitab 100 persen dari Tuhan. Jika mau mengetahui rahasia-rahasia kehidupan, pelajarilah Alkitab itu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s