WISDOM

PERKATAAN KEPASTIAN

Yesus memikul salib dan disalibkan bersama dua orang penjahat. Salah satu dari penjahat ini melawan Yesus dan salah satunya meminta keselamatan Yesus. Ini adalah sejarah penyelamatan yang paling terkenal pada akhir hidup Yesus. Ini berarti diselamatkan pada menit-menit terakhir.

Bagaimana kita bisa yakin bahwa kita telah diselamatkan? Kapan dan dimana kita diselamatkan? Jawabannya adalah sangat penting karena hidup kita bergantung padanya. Apa artinya diselamatkan? Bagaimana kita tahu dengan pasti bahwa kita akan masuk ke surga? Kita tidak akan memiliki keraguan lagi masuk surga atau tidak jika kita mempelajari jawaban ini.

Ada banyak hal yang tidak bisa kita ketahui tentang Yesus, tapi ada beberapa hal yang harus kita ketahui tentang Yesus. Kita mungkin tidak bisa tahu segalanya tentang kehidupan, Tuhan, atau surga. Tapi ini adalah hal yang harus kita ketahui untuk bisa ke surga.

 

 Lukas 23:39-43

23:39 Seorang dari penjahat yang di gantung itu menghujat Dia, katanya: “Bukankah Engkau adalah Kristus? Selamatkanlah diri-Mu dan kami!”

23:40 Tetapi yang seorang menegor dia, katanya: “Tidakkah engkau takut, juga tidak kepada Allah, sedang engkau menerima hukuman yang sama?

23:41 Kita memang selayaknya dihukum, sebab kita menerima balasan yang setimpal dengan perbuatan kita, tetapi orang ini tidak berbuat sesuatu yang salah.”

23:42 Lalu ia berkata: “Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja.”

23:43 Kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus.”


APA YANG MESTI DIKETAHUI SUPAYA DISELAMATKAN?

5 KEBENARAN YANG MENYELAMATKAN PENJAHAT ITU

1. KITA HARUS TAHU BAHWA KITA AKAN MENGHADAP TUHAN SETELAH MENINGGAL

Tidakkah engkau takut akan Allah menjelang kematian ini? | Lukas 23:40 (FAYH)

Maksud dari perkataan ini adalah apakah temannya tidak menganggap situasi ini dengan serius? Dia akan segera mati dan bertemu dengan Yesus. Mungkin mereka bisa kabur dari Tuhan dan polisi seumur hidup mereka. Tapi saat ini mereka hanya tinggal selangkah lagi bertemu dengan Tuhan.

Kematian adalah awal dari kekekalan. Jangan berpikir semua akan berakhir saat kita meninggal. Kematian adalah awal kehidupan kekal kita.

kneel-before-god

Allah sudah menetapkan bahwa manusia mati satu kali saja dan setelah itu diadili oleh Allah. | Ibrani 9:27 (BIS)  

Ini adalah temu janji yang tidak bisa kita hindari. Tidak ada yang bisa melewatkan kematian.

Semua orang akan meninggal dan bodoh sekali jika kita menghabiskan seumur hidup kita dengan tidak mempersiapkan diri untuk sesuatu yang kita tahu tidak terhindarkan.

Kita tidak benar-benar hidup jika kita tidak siap untuk mati.


2. KITA HARUS TAHU BAHWA KITA BERDOSA TERHADAP TUHAN

Tetapi hanya kita berdua yang pantas dijatuhkan hukuman itu karena kejahatan yang kita lakukan. | Lukas 23:41 (TSI)

Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan. | 1 Yohanes 1:9

Inilah janji Tuhan. Ketika kita mengakui, kita akan diampuni. Seberapa banyak hukum yang harus kita langgar untuk membuat kita menjadi pelanggar hukum? Satu kali saja. Hanya butuh satu dosa untuk membuat kita menjadi orang berdosa.

Sebaik apapun manusia, tetap ada waktu bagi mereka untuk menjadi tidak sabar. Ada waktu bagi mereka untuk tidak terlalu beriman. Beberapa orang mungkin lebih baik dari yang lain. Tapi tidak semua orang sempurna. Itulah sebabnya setiap manusia tidak ada yang layak untuk surga. Jadi Tuhan harus mencari cara untuk membuat kita sempurna di mata-Nya.

Surga tidak akan sempurna jika dipenuhi dosa. Surga akan sama seperti neraka jika sama dengan di bumi. Kita semua mau tinggal dalam tempat yang sempurna. Pada akhirnya Tuhan membuat rencana untuk membuat kita sempurna.

7a144853980e9c98c3cd9626b414fc64

Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita. | Roma 6:23

Kabar buruknya upah dosa adalah maut, tetapi kabar baiknya adalah Tuhan mengaruniakan hidup yang kekal. Itu adalah karunia, hadiah. Hadiah berbeda dengan gaji. Kita bekerja untuk mendapat gaji. Kita layak mendapat gaji jika bekerja. Tapi karunia adalah sesuatu yang tidak kita usahakan. Kita tidak layak atas karunia itu. Kita tidak layak untuk masuk ke surga. Itu adalah karunia Tuhan.


3. KITA TAHU BAHWA YESUS LEBIH DARI SEKEDAR MANUSIA

…tetapi orang ini tidak berbuat sesuatu yang salah. | Lukas 23:41

Penjahat yang bertobat tidak membanding-bandingkan Yesus dengan dirinya. Dia langsung menyatakan bahwa Yesus tidak bersalah. Kita tida bisa begitu saja mengatakan bahwa manusia tidak bersalah. Tapi penjahat ini sedang berkata bahwa Yesus bukan hanya sekedar manusia. Dia lebih dari manusia. Dia adalah Tuhan.

Sesungguhnya, di bumi tidak ada orang yang saleh: yang berbuat baik dan tak pernah berbuat dosa! | Pengkotbah 7:20

Inilah yang terjadi di kayu salib.

Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah. | 2 Korintus5:21

4_jesus-our-sins-cross

Inilah pertukaran yang besar, karya terbesar, karya keselamatan. Yesus yang membayar semuanya. Ada orang yang harus membayar atas perbuatan salah kita dan itu seharusnya adalah kita sendiri. Tapi Yesus membayarnya. Dialah penyelamat dunia.


4. KITA HARUS TAHU BAHWA HANYA KARUNIA TUHAN YANG SANGGUP MENYELAMATKAN

Lalu, ia berkata kepada Yesus, “Ya Yesus, ingatlah aku ketika Engkau masuk ke dalam kerajaan-Mu.” | Lukas 23:42 (AYT)

Hanya itu yang dikatakan penjahat itu, ‘ingatlah aku’. Dia tahu ialah dia tidak bisa menyelamatkan dirinya sendiri. Orang ini sudah menyia-nyiakan hidupnya. Dia tidak punya apapun untuk ditawarkan kepada Tuhan supaya bisa selamat. Pada akhir hidupnya dia tidak menawar pada Tuhan bahwa dia lebih baik dari orang lain. Dia tidak membuat alasan untuk dosanya. Dia tergantung di kayu saling tanpa harapan. Dia hanya meminta kasih karunia Tuhan. Dia hanya meminta Yesus untuk ingat dia. Tanpa Yesus tidak ada harapan ke surga.

Ingatlah aku, itu adalah kata-kata keselamatan paling pendek. Itu adalah doa meminta keselamatan terpendak. Banyak yang berpikir bahwa kita harus mengucapkan doa tertentu supaya bisa diselamatkan. Tapi penjahatat ini tidak menggunakan kata-kata teologis seperti itu. Dia tidak mengatakan dia bertoba, dia percaya, dia menerima, dia mengundang masuk; dia hanya mengatakan ingatlah akan dia. Dan Yesus meyakinkannya bahwa dia akan bersama-sama dengan-nya di surga. Cukup dengan dua kata itu.

Bukan perkataan yang kita ucapkan yang berarti, tapi arah hati kitalah yang berarti.

Kemanakah hati kita percaya dan berharap akan keselamatan?

grace_group-600x400

Jika ada cara lain untuk kita masuk ke surga, bukankah sia-sia Tuhan mengirim Yesus untuk membayar dosa kita? Tidak ada cara lain jika kita tidak mengatakan ya kepada Yesus. Kenapa orang mau menolak Tuhan sepanjang hidup mereka tetapi mau bersama Tuhan di sepanjang kekekalan? Itu adalah sesuatu yang bodoh.

Kita juga tidak perlu dibaptis untuk bisa masuk ke surga. Tidak ada ayat di Alkitab yang mengatakan itu. Tidak ada hasil usaha kita yang bisa membuat kita ke surga. Hanya oleh karena iman kita kepada Yesuslah kita biss bersama Tuhan di surga. Baptisan adalah pernyataan secara publik bahwa kita percaya kepada Tuhan. Kita tidak malu mengatakan ya pada Yesus. Baptisan adalah cincin pernikahan orang Kristen.

Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri. | Efesus 2:8-9

Tidak ada yang bisa membanggakan diri saat masuk ke surga karena semua mendapatkannya dengan gratis.


5. KITA HARUS TAHU YESUS AKAN MENYELAMATKAN KITA JIKA KITA MINTA

Lalu, ia berkata kepada Yesus, “Ya Yesus, ingatlah aku ketika Engkau masuk ke dalam kerajaan-Mu.” | Lukas 23:42 (AYT)  

Orang ini percaya Yesus adalah anak Tuhan, penyelamat manusia. Dia tidak minta Yesus untuk menyembuhkan sakitnya atau menurunkannya dari kayu salib. Dia pasti sudah pernah mendengar tentang Yesus dan perbuatan-Nya. Dia pasti tahu Yesus bisa melakukan segalanya karena Yesus adalah Tuhan, tapi dia hanya meminta Yesus mengingatnya saat masuk ke surga. Kenapa? Karena dia tahu bahwa kebutuhan utamanya bukanlah lepas dari deritanya, tapi berada di surga bersama Tuhan.

Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu. | Kisah Para Rasul 16:31


BAGAIMANA BISA YAKIN DISELAMATKAN?

Kita tidak menaruh keyakinan kita pada perasaan kita. Kita tidak harus merasa bahwa kita diselamatkan. Ini sama dengan saat kita sudah menikah. Kita tidak selalu merasa sudah menikah. Perasaan berbohong. Tapi kita bisa yakin karena janji dari firman Tuhan. Tuhan tidak pernah berbohong.

Kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus.” | Lukas 23:43

Ini adalah perkataan yang pasti, janji Tuhan. Orang di kayu salib mungkin tidak merasakannya tapi dia akan mengalami janji Tuhan.

38963-intext-thinkstock

Ada 4 hal tentang keselamatan:

  • Keselamatan itu langsung terjadi. “Hari ini”

Ada orang-orang dan kelompok Kristen tertentu yang percaya jiwa yang tidur. Ketika kita mati, kita akan tinggal di kuburan dan tidur sampai pengangkatan. Tidak ada masalah dengan itu, tapi itu tidak ada di Alkitab. Yesus mengatakan hari ini. Itu berarti saat itu juga. Itu bukan berarti di purgartory.

  • Keselamatan itu pasti. “engkau akan”
  • Keselamatan itu hubungan.”ada bersama-sama dengan Aku”

Keselamatan bukanlah aturan atau ritual. Keselamatan adalah hubungan. Kita akan bersama dengan Tuhan.

  • Keselamatan itu selamanya. “di dalam Firdaus”

KAPAN KITA BISA DISELAMATKAN?

Sesungguhnya, waktu ini adalah waktu perkenanan itu; sesungguhnya, hari ini adalah hari penyelamatan itu. | 2 Korintus 6:2

Waktu ini, hari ini kita bisa diselamatkan. Tuhan memberikan pilihan pada kita. Kita bisa menjadi orang yang menjelek-jelekkan Yesus di atas kayu salib atau orang yang mengakui kerapuhan mereka sebagai manusia dan percaya dengan iman kepada Yesus. Keputusan mana yang kita ambil. Jangan tidak memutuskan. Tidak memutuskan adalah sebuah keputusan. Tidak memutuskan berarti kita menolak Tuhan.


Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan. | Roma 10:13


02. Perkataan Kepastian - Printout

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s